Perbedaan Saklar Umum dengan Saklar Home Automation

Kamis, 30 Mei 2013

Saklar pada umumnya kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah benda atau alat yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan lampu di dalam rumah namun dalam bahasa kelistrikan, saklar berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus listrik dalam sebuah rangkaian listrik.
Jenis-jenis saklar yang umum digunakan dalam instalasi penerangan diantaraya :




















Berbeda dengan saklar yang standar digunakan saat ini, fungsi saklar dalam sistem home automation dibuat dalam mekanisme elektronik. Keunggulan dari saklar ini yaitu tidak berlakunya jenis-jenis saklar seperti pada tabel diatas karena saklar dengan mekanisme elektronik memiliki fungsi yang dapat diatur secara fleksibel baik sebagai saklar tunggal, seri, hotel atau saklar tekan.

Perbedaan wiring antara Saklar standar dan Saklar Home Automation :











Pada gambar diatas saklar konvensional hanya memutus arus listrik menuju lampu, berbeda dengan home automation dimana pushbutton hanya memberikan perintah pada Actuator yang akan menghubungkan arus listrik menuju lampu. Dengan demikian, maka sangat memungkinkan untuk mengontrol sebuah lampu dari pushbutton yang bisa ditempatkan dimana saja hanya dengan menghubungkannya dengan Bus.

Bus merupakan media komunikasi perangkat berupa kabel TP / Twisted Pair yang digunakan dalam salah satu sistem home automation.

1 komentar

  1. Hai Saya meita, marketing dari perusahaan PT Digital Screen International (Control 4) yang menyediakan jasa automation system (smart home automation) ini, baik untuk di rumah maupun di office. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat menghubungi saya di 081295277634.
    Thanks

    BalasHapus

 

Most Reading

Konten Pada Blog Home Automation Inst. ?