Sistem Bus Home Automation

Jumat, 31 Mei 2013

Sistem Bus dalam home automation merupakan suatu susunan dari beberapa komponen perangkat yang menciptakan interkoneksi guna membangun aplikasi dengan menggunakan media pembawa sebagai jalur komunikasi.



Media yang digunakan dalam sistem Bus adalah kabel Bus atau TP (Twisted pair cable). Kabel berisolasi ganda dan berisi 2 kabel serabut dengan ukuran 0,50 mm. Kabel Bus disupply dengan tegangan 29V DC. Power setiap perangkat disupply melalui kabel Bus yang sekaligus sebagai jalur komunikasi perangkat.

Media Bus ini memiliki keandalan yang cukup tinggi dan cepat dari segi lalu lintas data dan perintah namun dalam implementasinya kesulitan menempatkan Bus menjadi sebuah kekurangan karena untuk sebuah bangunan jadi, akan terdapat banyak kendala dalam menempatkan kabel Bus.

Selain media Bus dalam home automation juga ada yang menggunakan media lain seperti Radio Frequency, Power Line atau TCP/IP. Radio Frequency cukup handal ketika media Bus tidak memungkinkan untuk digunakan. Power Line adalah sistem yang memanfaatkan jala-jala listrik sebagai media komunikasi. TCP/IP  juga merupakan media yang handal. Semua media pada dasarnya memiliki keunggulan dan kekurangan namun kehandalannya akan terus dikembangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Konten Pada Blog Home Automation Inst. ?